Kamis, 01 Desember 2016

DIKSI

Pengertian Diksi

  Diksi dapat di artikan sebagai pilihan kata, gaya bahasa, ungkapan-ungkapan pengarang untuk mengungkapkan sebuah cerita.  Dalam berkomunikasi pilihan kata merupakan hal yang penting.

Agar menghasilkan cerita yang menarik, diksi atau pemilihan kata harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

  1. Ketepatan dalam pemilihan kata dalam menyampaikan gagasan.
  2. Pengarang harus memiliki kemampuan dalam membedakan secara tepat nuansa-nuansa makna, sesuai dengan gagasan yang ingin di sampaikan dan kemampuan menemukan bentuk yang sesuai dengan situasi nilai rasa pembaca.
  3. Menguasai berbagai macam kosakata dan mampu memanfaatkan kata-kata tersebut menjadi kalimat yang jelas, efektif, dan efisien.
Syarat-syarat pemilihan kata

  1. Makna denotatif dan konotatif
  2. Makna umum dan makna khusus
  3. Kata konkrit dan kata abstrak
  4. Sinonim

1.      Makna Denotatif dan Konotatif

  Denotatif adalah suatu pengertian yang terkandung sebuah kata secara objektif. Misalnya, kata makan yang bermakna memasukkan suatu ke dalam mulut, di kunyah dan di telan.

  Makna konotatif adalah makna asosiatif, makna yang timbul sebagai akibat dari sikap sosial, sikap pribadi dan keriteria tambahan yang di kenakan pada sebuah makna konseptual. Misal kamar kecil dapat bermakna konotatif jamban, sedangkan makna denotatif adalah kamar yang kecil.



2.      Makna khusus dan umum

Kata umum adalah kata yang acuannya lebih luas. Kata khusus adalah kata yang acuannya lebih sempit atau khusus. Misalnya ikan termasuk kata umum, sedangkan khusus dari ikan adalah koi, cupang, lele, gabus.

3.      Kata konkrit dan kata abstrak

Kata kongkrit adalah kta yang acuannya yang dapat di serap oleh panca indra. Misalnya meja, rumah, mobil, air, cantik, hangat, wangi, suara.

Kata abstrak adalah kata yang acuannya sulit di serap oleh panca indra. Misalnya perdamaian, gagasan.

4.      Sinonim

Sinonim adalah 2 kata atau lebih yang pada asasnya mempunyai makna yang sama, tapi bentuknya berlainan. Kesinoniman kata tidaklah mutlak, hanya ada kesamaan atau kemiripan. Misalnya kata cermat dan cerdik yang keduanya bersinonim, tapi keduanya tidak sama persis.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar